Nama : Eko Budi Prasetyo
Kelas : 4IB04A
NPM : 12415155
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di duniapendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan
alat bantu(tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika,
multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Perkembangan
teknologi yang pesat membuat segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah serta
praktis. Banyaknya temuan baru di dunia teknologi mempermudah berbagai macam
aktivitas yang dilakukan dalam keseharian manusia. Mudahnya mengakses informasi
di pelbagai media, berkaitan erat dengan istilah multimedia. Bagi generasi
millennial yang kreatif, inovatif, serta suka pelbagai hal baru menikmati
multimedia yang dihadirkan di dunia teknologi dan informasi. Penyampaian
informasi yang menarik kepada public adalah senjata utama bagi
multimedia. Penyampaian informasi dalam media saat ini banyak disajikan dengan
elemen multimedia seperti VIK Kompas dan Tirto.id.
1.2.Tujuan
Masalah
1.      Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui pengertian dari multimedia
2.      Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui konsep dasar dari multimedia
3.      Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui manfaat multimedia
4.      Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui multimedia untuk pendidikan
5.      Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui multimedia untuk aplikasi umum
6.      Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui Internet Based
1.3. Rumusan Masalah
1.      Apa
pengertian dari multimedia?
2.      Bagaimana
konsep dasar dari multimedia?
3.      Apa
saja manfaat multimedia?
4.      Bagaimana
multimedia untuk pendidikan?
5.      Bagaimana
multimedia untuk aplikasi umum?
6.      Apa
yang dimaksud dengan Internet Based?
`
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Multimedia
            Multimedia adalah suatu sarana
(media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen
informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara
sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau
sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.
            Multimedia dapat dikategorikan
menjadi 2 macam, yaitu mulitimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia
linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol
apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan
sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan film. Sedangkan multimedia
interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau
alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat
dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan
untuk proses selanjutnya. Contohnya seperti aplikasi game. Multimedia
interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks,
grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan).
Multimedia
dapat disajikan dalam beberapa metode, antara lain :
–       
Berbasis
kertas (Paper-based), contoh : buku, majalah, brosur.
–       
Berbasis
cahaya (Light-based), contoh : slideshows, transparansi.
–       
Berbasis
suara (Audi-based), contoh : CD Players, tape recorder, radio.
–       
Berbasis
gambar bergerak (Moving-image-based), contoh : televisi, VCR (Video Cassete
Recorder, film
–       
Berbasis
Digital (Digilatally-based), contoh : komputer.
2.2.Konsep Multimedia
            Seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya, multimedia berasal dari bahasa latin yang multi berarti
‘’numerous’’ dan media berarti ‘’plural’’, jadi multimedia adalah terdiri dari
Multi yang berarti Banyak dan Media berarti alat untuk menyampaikan. Multimedia
sendiri diartikan sebagai suatu teknologi yang menggabungkan berbagai sumber
media seperti kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam
suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu
kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut
dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut
disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai
/ pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun
definisi multimedia dapat   dimengerti
dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat
aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai
elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan
komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu
aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
            Semua pesan-pesan, perangkat lunak
dan makna yang dipresentasikan oleh komputer atau layar televisi disebut
Multimedia Project. Jika suatu multimedia dipasarkan kepada masyarakat,
biasanya dalam bentuk kotak atau pembungkus khusus, dengan atau tanpa instruksi
disebut Multimedia Title.
            Bukan suatu keharusan bagi suatu
multimedia untuk membuat sarana interactive bagi pemakai / pengguna agar
disebut dengan multimedia. Pemakai / pengguna dapat duduk dan menyaksikan
sebagaimana mereka menyaksikan televisi biasa. Dalam hal ini project menjadi
linear, mulai dari awal dan berjalan hingga akhir. Ketika pemakai / pengguna
diberikan kendali / navigasi untuk menjelajah isi project, project menjadi
Nonlinear dan Interactive, dan project menjadi pintu gerbang informasi pribadi
yang amat menarik.
Untuk
menentukan bagaimana pemakai / pengguan akan berinteraksi dan mengendalikan
suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus pada informasi atau pesan yang
hendak akan disampaikan. Scripting dan Storyboarding menjelaskan parameter dari
project, art work dan programnya.
            Elemen-elemen dari multimedia
biasanya digabung menjadi satu menggunakan Authoring Tools. Perangkat ini
memiliki kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, juga dilengkapi dengan
kemampuan berinteraksi dengan Video Disc Player (VCD), Video Tape Player dan
alat-alat lain yang berhubungan dengan project. Suara atau video yang telah
diedit akan dimasukkan ke dalam Authoring System untuk dimainkan kembali.
Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan disebut Human Interface.
Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang menentukan apa yang akan
terjadi dalam suatu project disebut Multimedia Platform atau Environment.
2.3.KARAKTERISTIK SISTEM MULTIMEDIA
–       
Must be Computer Controlled, Harus dikerjakan dengan menggunakan komputer
–       
Integrated (Text,Animation,Audio,Video), Merupakan
integrasi dari text, animasi, suara dan video
–       
Represented Digitally, Direpresentasikan dalam bentuk digital
–       
Interface to user may permit interactivity, Harus menggunakan antarmuka dengan pengguna
secara interaktif
2.4.PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM DUNIA PENDIDIKAN
            Manfaat multimedia di dalam proses
pembelajaran secara umum adalah dapat 
menciptakan suasana interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas
belajar, meningkatkan daya tarik, kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran
yang rumit, dan proses pemahaman serta pendalaman materi menjadi lebih cepat
dan efektif.
Berikut
adalah  faktor-faktor  keunggulan multimedia sebagai alat
pembelajaran :
–       
Dapat
menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau
objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti
bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
–       
Dapat
menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk  animasi, gambar atau video sebuah objek yang
besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan
lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
–       
Dapat
menyajikan  benda  atau 
peristiwa  yang  kompleks, 
rumit  dan  berlangsung 
cepat atau  lambat,  seperti 
sistem  tubuh  manusia, 
bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet 
Mars,  berkembangnya  bunga 
dan lain-lain.
–       
Dapat
menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari 
benda  atau  peristiwa 
yang  berbahaya,  seperti 
bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
–       
Dapat
menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan
bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
2.5.MULTIMEDIA DALAM PENGGUNAAN UMUMNYA
            Setelah mengetahui defenisi dari
multimedia serta elemen-elemen multimedia yang ada, serta aplikasi-aplikasi
yang saat ini digunakan pada bidang kehidupan manusia, maka dapat diketahui
bahwa tujuan dari penggunaan multimedia adalah sebagai berikut :
–       
Multimedia
dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu
informasi.
–       
Penggunaan
multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta
eksplorasi pengguna tersebut.
–       
Aplikasi
multimedia dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia
akan meransang beberapa indera penting manusia, seperti : Penglihatan,
pendengaran, aksi maupun suara.
            Multimedia memiliki banyak kegunaan
dalam kehidupan sehari-hari dalam segala bidang, seperti bidang pendidikan,
bidang industri, bidang kesehatan dll. Baik untuk pekerjaan, kegiatan di rumah,
hiburan atau lain sebagainya. Beberapa contoh kegunaan multimedia:
–       
Bidang
periklanan yang efektif dan interaktif.
–       
Bidang
industri, seperti dalam pembuatan prototype cara kerja mesin.
–       
Bidang
kesehatan, seperti dalam penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat.
–       
Bidang
pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat
mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video,
animasi, teks, dan grafik.
–       
Bidang
jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik,
informatif, dan interaktif, dan lain-lain.
2.6.Internet
Based
Internet
merupakan singkatan dari interconnected computer networks atau
bisa didefinisikan sebagai jaringan komputer yang tiada batas yang menjadi
penghubung pengguna komputer satu dengan pengguna komputer yang lainnya serta
dapat berhubungan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia,
dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta
fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah
ini lebih dikenal dengan online di internet. Secara harfiah
internet ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer
yang saling terhubung menggunakan standart internet protocol
suite (TCP/IP) untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar